Home Tips Trik Tips Menggunakan Webbing Sling 5 Ton Yang Aman!

Tips Menggunakan Webbing Sling 5 Ton Yang Aman!

0

 

Webbing sling merupakan kan alat bantu pengangkat berbentuk sling belt yang tugasnya untuk mengangkat barang dengan bobot besar. Webbing sling ini memiliki bobot yang berbeda-beda, salah satunya yang banyak dipakai adalah webbing sling 5 ton. Nah untuk pemula yang baru menggunakan alat pengangkat ini harus mengetahui cara penggunaannya yang aman.

Berbicara soal harga webbing sling tentu berbeda-beda tergantung dari jenis dan bobotnya. Nah kembali lagi cara penggunaan webbing sling yang aman perhatikan berikut ini.

  • Periksa kondisi sling terlebih dahulu, saat akan menggunakan alat pengangkat ini sebaiknya perhatikan bagaimana kondisi dari webbing sling. Karena ketika anda sudah memeriksa webbing jika memang dirasa alat tersebut sudah tidak layak dipakai sebaiknya tidak digunakan. Webbing sling yang putus bisa berakibat fatal pada diri sendiri karena akan membuat beban yang diangkat akan jatuh dan bisa menimpa anda. Jangan menggunakan webbing ketika sudah terdapat lubang atau sobekan. Jangan pula menggunakan webbing yang sudah terdapat jahitan atau memiliki banyak goresan di bagian bodynya.
  • Gunakan webbing Sling yang tepat, penggunaan webbing sling harus tepat jangan sampai berbeda dengan ukuran berat barang yang akan diangkat. Misalnya saja Anda akan mengangkat beban sebesar 4 ton, jangan memaksakan menggunakan webbing sling dengan berat di bawah 4 ton. Anda harus menggunakan webbing sling 5 ton ke atas. Ketika anda menggunakan lifting sling yang mengangkat beban melampaui batas alat angkat maka bisa merusak webbing sling tersebut.
  • Beban yang diangkat sudah aman, ketika mengangkat beban dengan menggunakan sling sebutkan beban tersebut aman. Ini supaya antara beban dan juga sling sama-sama aman saat diangkat. Jadi tidak terjadi yang namanya tergelincir ataupun terjatuh saat mengangkat beban. Cara pemasangan selang juga harus diperhatikan agar benar-benar tepat.
  • Gunakan webbing sling yang tepat, sebelum mengangkat beban dengan menggunakan lifting sling harus pastikan pula jenis webbing sling sama. Karena biasanya ketika mengangkat beban yang besar tentu membutuhkan banyak webbing. Untuk itu pilih webbing yang panjangnya sama, warnanya sama¬† bahkan WLL-nya sama. Hal ini tentu saja meminimalisir terjadi kecelakaan kerja saat penggunaan sling.
  • Perhatikan titik pengangkat, ketika anda mengangkat beban dengan sling wajib untuk menentukan titik pusat gravitasi. Manfaatnya adalah agar bisa mendapatkan kontrol penuh pada beban yang diangkat. Saat beban tidak bisa lagi tertahan oleh pusat gravitasi maka beban tersebut tentu akan berayun dan membuatnya berisiko rusak. Jika sudah begini tentu akan menyebabkan cedera untuk para pekerja lainnya karena beban terlepas dari sling.
  • Kesalahan penggunaan webbing sling antara lain, memakai webbing langsung bersentuhan dengan benda tajam atau permukaan yang kasar sehingga bisa menyebabkan webbing menjadi rusak dan menimbulkan cedera. Kemudian pastikan pula bahwa webbing digunakan pada suhu normal. Anda juga tidak boleh meninggalkan beban bergantung pada webbing, artinya letakkan beban dengan benar terlebih dahulu. Akan berbahaya juga untuk penggunaan wedding dengan disimpul, meskipun cara tersebut kemungkinan untuk mengurangi panjang webbing atau membuatnya menjadi penyambung untuk webbing lain, hal ini tidak boleh dilakukan karena berbahaya.

 

Demikian tips aman dalam penggunaan webbing sling. bagi Anda yang sedang mencari webbing sling 5 ton ataupun ukuran lainnya maka bisa langsung mengunjungi toko Mega Jaya. Toko ini menjual berbagai jenis webbing sling,  namun pastikan Anda membelinya sesuai dengan kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here