Home Berita Sedang Cari Pemakaman Muslim? Pahami Pula Adab Mengantar Jenazah

Sedang Cari Pemakaman Muslim? Pahami Pula Adab Mengantar Jenazah

0
Sedang Cari Pemakaman Muslim? Pahami Pula Adab Mengantar Jenazah

Setiap makhluk hidup tentunya akan mengalami kematian, tidak terkecuali dengan manusia. Untuk itu dalam Islam ada beberapa cara yang harus dilakukan dalam mengurus jenazah. Mulai dari memandikan jenazah, menshalati, mengkafani, menguburkan hingga adab bagi orang yang akan mengantarkan jenazah sebelum dikuburkan di pemakaman muslim. Mengapa harus dimakan muslim? karena memang umat Islam diwajibkan untuk dimakamkan di kuburan khusus muslim dan tidak tercampur dengan non muslim.

Pemakaman yang nantinya ditempati oleh jenazah dapat juga berupa pemakaman swasta ataupun pemakaman umum. Namun sebelum itu ada beberapa adab yang perlu diperhatikan oleh umat muslim yang akan mengantarkan jenazah tersebut. Adab ini tentunya berguna agar proses pemakaman menjadi lebih baik dan tidak membawa duka yang terlalu mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan.

1. Tetap Bersikap Tenang

Apabila akan mengantarkan jenazah maka orang tersebut hendaknya untuk tetap bersikap tenang. Hal ini juga berlaku apabila membaca bacaan Al-Qur’an, zikir ataupun bacaan lainnya dianjurkan dengan suara yang tidak terlalu keras. Dengan demikian dianjurkan agar jiwa seseorang akan jauh lebih tenang dan pikirannya akan lebih berfokus pada segala hal yang berkaitan dengan jenazah tersebut. Sikap yang seperti ini tentunya harus dilakukan pada orang yang mengantarkan jenazah.

2. Dianjurkan Tidak Mengantarkan Jenazah Menggunakan Kendaraan

Salah satu hal yang termasuk makruh untuk dilakukan pada saat akan mengantarkan jenazah di pemakaman muslim adalah dengan tidak menggunakan kendaraan. Alangkah baiknya apabila dilakukan dengan berjalan kaki hingga sampai ke pemakaman. Namun, apabila memiliki kendala tertentu seperti sakit atau tidak mampu, dan juga tempat pemakaman yang dituju letak lokasinya terlalu jauh, maka diperbolehkan untuk diantarkan menggunakan kendaraan. Akan tetapi, apabila tidak ada kendala tersebut maka dianjurkan untuk tidak memakai kendaraan saat mengantarkan jenazah tersebut.

3. Dilakukan Berdiri Sejenak Pada Sisi Kuburan

Bagi orang-orang yang ikut mengantarkan jenazah hingga sampai di kuburan islam sederhana maka perlu dianjurkan untuk melakukan berdiri tidak terlalu lama pada sisi kuburan jenazah dengan maksud untuk mendoakan jenazah tersebut.

Pada saat melakukan berdiri dengan sejenak tersebut hendaklah untuk berdoa memohon ampun kepada Allah untuk memberikan ampunan kepada jenazah tersebut.

4. Setelah Pemakaman Dianjurkan Untuk Menaburkan Tanah

Adab selanjutnya yang juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW Menurut  hadist dari Ibnu Majah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah adalah pada saat Nabi Muhammad ikut mengantarkan jenazah sahabatnya hingga ke kuburan, beliau kemudian mendatangi makam tersebut dengan mengambil tanah kemudian digenggam dan menaburkannya di atas kuburna tersebut sebanyak 3 kali, dengan diawali dari arah kepala terlebih dahulu.

5. Memberikan Nasehat Tentang Kematian Dan Kehidupan Di Akhirat

Pada setiap pemakaman tentunya akan ada nasehat nasehat tertentu yang dimaksudkan agar orang yang menghadiri dan ikut mengantarkan jenazah hingga sampai ke pemakaman akan menjadi jauh lebih tenang, terutama dari keluarga yang ditinggalkan oleh jenazah tersebut.

Untuk itu memberikan nasehat merupakan salah satu adab yang tergolong penting pada saat mengantarkan jenazah agar orang yang berduka menjadi tenang dan ikhlas untuk ditinggal oleh jenazah tersebut. memberikan nasehat tersebut dapat dilakukan sebelum berdo’a untuk jenazah.

Itulah adab yang perlu diketahui oleh orang yang ikut mengantarkan jenazah hingga sampai ke pemakaman muslim. Nah, bagi yang sedang mencari makam muslim di daerah Karawang direkomendasikan untuk memilih lahan di Al Azhar Memorial Garden. Dengan konsep taman makam asri dan nyaman bagi peristirahatan terakhir orang yang anda cintai dan juga para peziarah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here