Home Lifestyle Health & Fitness Penyebab dan Cara Atasi Sakit Kepala saat Hamil

Penyebab dan Cara Atasi Sakit Kepala saat Hamil

0
Penyebab dan Cara Atasi Sakit Kepala saat Hamil

Wanita hamil rentan mengalami gejala sakit kepala yang difaktori beragam hal. Anda yang sebelum hamil memang sudah sering merasakan sakit kepala atau pusing akan lebih mudah terserang gejala ini ketika hamil. Pusing saat hamil wajar, hanya saja Anda juga perlu berhati-hati dan segera konsultasi ke dokter bila sakitnya terlalu mengganggu diikuti gejala lainnya seperti tubuh lemas, wajah pucat, hingga kejang-kejang.

Menghindari Konsumsi Obat-Obatan Sembarangan

Disarankan untuk menghindari minum obat sembarangan atau tanpa resep dokter bagi ibu hamil ketika sakit kepala. Simak ulasan singkatnya berikut ini.

1.     Kurang Istirahat dan Stress Bisa Menjadi Penyebab

Umumnya penyebab wanita hamil alami sakit kepala ialah kurangnya beristirahat. Padahal energi yang terkuras saat hamil bisa berkali-kali lipat. Ditambah perasaan stress yang bisa dipicu peningkatan produksi hormon diikuti kondisi atau situasi tertentu. Wanita yang sedang hamil biasanya lebih sensitif yang memicu perasaan tidak nyaman, hingga stress.

2.     Ketidakstabilan Produksi Darah di Awal Kehamilan

Berdasarkan artikel kehamilan dari para ahli, sakit kepala atau pusing biasanya dirasakan di awal kehamilan karena ketidakstabilan produksi darah dalam tubuh. Ketidakstabilan ini menimbulkan pergerakan aliran darah menjadi terganggu, disertai aliran oksigen ke seluruh tubuh yang ikut kurang lancar.

3.     Alergi yang Kambuh

Selain itu ibu hamil bisa rasakan sakit di kepala karena alergi yang kambuh. Ini menjadi salah satu alasan mengapa penting memahami kondisi tubuh sendiri, termasuk dalam hal alergi terhadap hal-hal tertentu. Mulai dari bahan makanan, hingga kondisi yang memang memicu alergi Anda timbul seperti suhu udara dingin atau terlalu panas, alergi akibat debu, dan banyak lagi.

4.     Beristirahatlah dengan Atur Suasana

Nah, pusing saat hamil ini bisa diatasi dengan cara-cara mudah yang bukan andalkan obat sembarangan yaitu dengan beristirahat. Anda bisa coba istirahat, seperti merebahkan tubuh, juga mencoba tidur nyenyak. Aturlah suasana menjadi lebih tenang, misalnya mematikan alat-alat yang menimbulkan suara, ataupun mematikan lampu untuk membuat tidur lebih nyenyak.

5.     Kompres Kepala dan Area Tubuh Lainnya

Untuk hilangkan pusing coba gunakan kompres hangat yang ditempelkan di kepala, maupun area tubuh yang terasa tegang dan nyeri. Seperti bagian belakang leher dan bahu. Kompres ini bisa pula menggunakan gel atau balm oles yang membuat kulit terasa hangat.

6.     Pijat Area yang Terasa Sakit

Lalu selain mengompresnya, pijatlah area-area yang terasa sakit tersebut secara pelan-pelan saja. Sakit kepala ini bisa juga muncul karena otot-otot tubuh yang tegang dan butuh dipijat agar lebih rileks.

Ketika pusing saat hamil menghampiri, sesuai artikel kehamilan dengan memperbanyak minum air putih dan konsumsi makanan bernutrisi yang dari segi gizinya pun seimbang, memenuhi kebutuhan ibu hamil sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here