Home Teknologi Mengenal Mesin Binding Buku, Mesin Jilid Lem Panas

Mengenal Mesin Binding Buku, Mesin Jilid Lem Panas

0
Mengenal Mesin Binding Buku, Mesin Jilid Lem Panas

Penjilidan adalah suatu proses penyatuan lembaran kertas-kertas yang disusun secara berurutan menjadi sebuah bundle buku. Dalam proses penjilidan sendiri membutuhkan adanya suatu lem, yang berfungsi sebagai media perekat lembaran kertas-kertas tersebut dengan cover bukunya.

Dalam proses pembuatan buku, tidak dapat kita pungkiri akan sangat membutuhkan adanya bahan perekat yaitu lem. Di tempat fotocopy banyak menggunakan lem untuk keperluan jilid-menjilid mereka, banyak merk lem tersedia di pasaran seperti merk Aibon, Reskol, dan Fox. Merk-merk lem tersebut adalah merk ternama dan sudah terstandar dan teruji dalam proses pengeleman sebuah buku.

Lalu bagaimana dengan mesin jilid lem panas itu sendiri? Mesin jilid lem panas adalah salah satu jenis mesin binding buku dengan perfect binding selain jahit benang.

Karena banyaknya kebutuhan buku yang semakin hari semakin banyak dan harus memerlukan waktu cepat, maka mesin jilid lem panas ini hadir untuk menunjang dalam proses cetak buku. Lem panas yang digunakan dalam mesin binding buku dapat kering dengan sempurna hanya dalam waktu 2 jam. Jika dibandingkan dengan jenis lem lain seperti Aibon, Reskol, serta Fox, jelas mesin jilid lem panas lebih cepat dan lebih unggul karena lem yang lain membutuhkan waktu hampir seharian untuk mencapai kering yang sempurna.

Namun yang menjadi kekurangan lem panas ini membutuhkan adanya mesin khusus tersendiri ntuk menjilid yaitu mesin binding buku lem panas.  Tidak dapat hanya mengandalkan keterampilan tangan penjilid saja.

Adapun keuntungan dari mesin jilid lem panas ini pada buku yaitu akan membuat bentuk buku menjadi menarik, kekuatan jilid yang dihasilkan sangat kuat, daya tahan yang cukup lama, selain itu hasil dari mesin binding buku ini juga pada bagian punggung buku dapat  ditulis judul buku, pengarang buku, dan penerbit buku. Ditambah lagi punggung buku dapat menjadi siku dengan sempurna dan keras pada bagian yang  terkena lem.

Buku-buku pelajaran atau novel yang biasa kita baca itu adalah contoh buku yang pengelemannya menggunakan mesin jilid lem panas. Jenis lem yang digunakan untuk penjilidan buku menjadi hal yang sangat penting sekali untuk buku yang akan dijual. Buku yang menggunakan mesin binding buku lem panas akan otomatis meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap buku-buku tersebut, karena terlihat rapi dan awet.

Mesin binding buku lem panas ini dalam menjilid buku dengan berbagai ukuran mulai dari A4+ & A3+ dll. Penggunaan dari mesin jilid lem panas atau hot melt ini lebih mudah jika dibandingkan dengan jilid buku dengan manual. Mesin jilid lem panas ini mampu menjilid buku dengan ketebalan sampai sekitar 5 cm atau kurang lebih sebanyak 180 Lembar. Berbagai buku dapat dijilid menggunakan mesin binding buku ini seperti makalah, tugas skripsi, kliping, laporan, komik dengan menggunakan hard atau soft cover.

Mesin binding buku ini sangat cocok digunakan oleh para pengusaha penjilidan buku atau yang lain, pengusaha penerbitan buku, atau oleh jasa fotocopy dengan skala besar.  Dengan menggunakan mesin jilid lem panas ini, para pengusaha-pengusaha tersebut akan mampu menghemat waktu kerja mereka karena mesin ini mampu menjilid dalam waktu tidak lebih  dari 30 detik untuk sekali proses jillid buku ukuran A4+ atau A3+.

Dengan dilengkapi Hot Melt atau Lem Panas ini akan membuat hasil jilidan menjadi lebih terjamin kualitasnya dan tahan lama, dijamin hasil dari jilidan akan mirip dengan standard penerbit buku. Jika anda sedang mencari Mesin binding buku dengan kualitas penerbit namun dengan harga terjangkau, mesin jilid lem panas ini dapat menjadi pilihan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here