Home Lifestyle Business Kenali Jenis, Bahan, dan Fitting Pipa Agar Anda Tidak Salah Beli

Kenali Jenis, Bahan, dan Fitting Pipa Agar Anda Tidak Salah Beli

0
Kenali Jenis, Bahan, dan Fitting Pipa Agar Anda Tidak Salah Beli

Apakah dalam waktu dekat ini, anda memiliki rencana memasang pompa air di rumah?  Dari rencana tersebut, apakah anda sudah memiliki sebuah pandangan ingin membeli pipa berbahan apa dan modelnya seperti apa yang cocok untuk pengairan rumah anda? Jika anda menemukan kebingungan akan hal ini, maka artikel kali ini akan mengulas seputar pipa, dengan harapan mencerahkan permasalahan anda.

Masalah per-pipa-an memang tidaklah mudah. Bagi anda yang ingin membeli pipa, sebaiknya paham terlebih dulu tentang jenis, bahan, serta fitting pipa agar tidak salah tatkala membeli di toko yang jual pipa ataupun jual fitting. Karena, kalau salah dalam membeli, bukan hanya mubadzir, tapi pengairan rumah bisa saja tidak seperti yang diharapkan. Nah, di bawah ini, kami akan mengulas pipa secara rinci!

Jenis dan Bahan Pipa

Pipa PVC

Pipa jenis ini berbahan dasar Poly Vinyl Chloride, hal mana bahan ini termasuk polimer plastik yang kerap kali dipakau untuk konstruksi perpipaan. Pipa jenis ini banyak dipilih karena harganya yang murah, tetapi memiliki tingkat keawetan tinggi, tahan lembab, dan mudah dirangkai. Apalagi bahannya dari plastik membuatnya anti karat.

Pipa CPVC

Hampir sama dengan jenis pipa PCV, hanya saja pipa jenis ini dinilai lebih tahan terhadap panas. Bahan utamanya CPVC membuatnya mampu dialiri air dengan suhu bertemperatur hingga 82 derajat celsius. Hanya saja, yang menjadi kelemahan pipa jenis ini ialah kontur yang mudah remuk. Namun, penggunaan dan perawatan yang tepat membuat pipa ini bisa bertahan lama.

Pipa Galvanis

Pipa jenis ini memiliki bahan dasar besi, yang kemudian ditambahkan seng untuk menghindari terjadinya korosi. Pipa ini termasuk jenis pipa luar ruangan atau bawah tanah, dan termasuk jenis pipa yang kuat daripada dua jenis pipa sebelumnya.

Jenis Fitting Pipa

Selain pipa, anda perlu tahu secara detail seputar pasangan dari pipa itu sendiri, yakni fitting. Selain jenisnya, sebaiknya anda pun perlu tahu terkait harga fitting Jakarta sehingga bisa mempersiapkan segala sesuatunya.

Fitting Ebow

Fiiting jenis ini terbagi menjadi dua jenis lagi; yaitu 45 derajat dan 90 derajat, dengan fungsi pembelokan arah. Fitting Ebow secara umum mempunyai diameter yang sama antara keluaran pipa dan masukan, meski ada pula yang memiliki diameter lubang yang berbeda. Untuk jenis yang diameternya sama, otomatis kita perlu menambahkan socket untuk menyambungkannya.

Fitting Tee

Fitting Tee merupakan salah satu jenis fitting yang mempunyai kegunaan membagi aliran agar bercabang. Umumnya, panambahan cabang ini memiliki ukuran yang sama dengan pipa utama. Istilah ini dikenal dengan straight tee. Jika dianalogikan seperti jalan, maka fitting tee bertindak seolah pertigaan jalan.

Fitting Reducer

Fitting berikutnya termasuk dalam kategori fitting reducer, hal mana fitting jenis ini memiliki fungsi menguragi aliran fluida. Caranya, yakni dengan menggabungkan pipsa yang memiliki diameter besar menuju pipa berdiameter kecil, ataupun sebaliknya.

Fitting Stub-in

Fitting jenis ini termasuk jenis fitting yang hampir sama dengan fitting tee, yakni sama-sama membagi aliran fluide. Bedanya, fitting tee memiliki item yang terpisah untuk menggabungkan pipa, sedangkan fitting stub-in pola penggabungan cabangnya langsung dari pipa utama.

Fitting Cap

Fitting jenis Cap merupakan fitting yang memiliki fungsi menghentikan aliran di ujung pipa. Umumnya, jenis ini seringkali dipakai secara permanen. Meski demikian, ada juga jenis fitting cap yang bisa dibongkar dan dipasang kembali dengan kekuatan rapat yang sama.

Nah itulah sedikit ulatan seputar jenis, bahan, dan fitting pipa yang bisa ditemukan dengan mudah di toko bangunan. Pastikan anda cermat dalam membeli pipa ataupun fitting pipa sesuai kebutuhan rumah anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here