Home Berita Ingin Melakukan Tokenisasi? Perhatikan KYCnya!

Ingin Melakukan Tokenisasi? Perhatikan KYCnya!

0

Semakin maraknya teknologi digital, yang memberikan berbagai fasilitas kepada kita mulai dari ilmu pengetahuan,  dan lain sebagainya bisa kita akses dengan mudah. selain itu, canggihnya teknologi digital juga menunjang canggihnya teknologi dalam rangka jual beli baik itu offline maupun online.

Dengan berkembangnya teknologi tersebut, melahirkan sebuah teknologi cypto. Crypto adalah matauang digital yang sedang marak belakangan ini. Teknologi ini tidak terlepas dari istilah tokenisasi. Tokenisasi adalah pilihan menarik bagi perusahaan bahkan pebisnis yang ingin menjual barang atau aset yang dimiliki.

Tetapi saat memilih untuk melakukan tokenisasi, alangkah baiknya jika kita mengetahui bagaimana kinerjnya, peluangnya, manfaatnya, bahkan siapa saja pembelinya yang biasa disebut dengaan KYC sebagai orang yang membeli produk kita.

Apasih yang dimaksud dengan tokenisasi dan KYC itu? Kedua istilah itu merupakan istilah yang tidak asing bagi sebuah perusahaa, usaha jual beli, bahkan dalam dunia perbankan. Dalam artikel kali ini akan membahas kedua istilah tersebut dan pentingnya KYC dalam usaha bisnis kita.

Apa Itu Tokenisasi?

Tokenisasi adalah sebuah kegiatan meminda, menyimpan dan merekam berbagai barang, benda ataupun aset lainnya menjadi sebuah token yang nantinya dapat kita jual belikan dalam sebuah blockchain. Kegiatan tokenisasi ini membantu kita dalam menjual aset yang kita miliki dengan baik dan cepat karena blockchain memiliki lingkup perdagangan yang luas.

Namun, ketika ada salah satu orang ataupun yang mengatasnamakan perusahaan membeli aset kita, disinal KYC diperlukan. Istilah KYC tentunya sudah tidak asing lagi dalam dunis perbankan ataupun dalam dunia bisnis online. Namun, bagi kalian yang masih belum mengetahui apa itu Kyc, maka akan kita bahas  di bawah ini.

Apa itu KYC?

KYC adalah singkatan dari Know Your Customer. Dalam dunia bisnis online terutama tokenisasi, KYC merupakan sebuah prinsip yang sangat penting dalam mengetahui siapa customer kita. Dengan mengetahui siapa customer kita, maka akan lebih meminimalisir terjadinya pencurian uang, penipuan dan lain sebagainya. Lalu apa pentingnya KYC dalam sebuah bisnis kita terutama bagi kita terutama dalam tokenisasi?

Pentingnya KYC dalam Tokenisasi!

Dalam sebuah tokenisasi ada beberapa barang yang bisa kita jual belikan yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu barang fungsional dan non fungsional.

Barang fungsional yaitu barang atau aset yang bisa dipecah menjadi beberpa bagian dan per bagian tersebut akan ditokenkan atau di tokenisasi untuk di jual. barang-barang tersebut seperti emas yang bisa dipisah atau dipecah-becah menjadi beberapa bagian baik kg, ons, ataupun gram.

Barang lainnya adalah perkebunan, perkebunan bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian per meternya. Jika sedang membutuhkan uang, namun kita masih memerlukan lahan perkebunan kita, maka kita bisa menjualnya sebagian saja, bahkan sepenuhnya, namun kita masih bisa memakai lahan tersebut untuk kita kelola. Namun hasil dari perkebunan tersebut akan kita bagi dengan customer atau investor yang membeli lahan tersebut.

Selanjutnya adalah barang non fungional. Barang tersebut adalah barang yang tidak bisa dipecah ataupun dikelompokkan menjadi bagian-bagian kecil. Barang tersebut seperti patung atau lukisan yang memiliki nilai seni yang tinggi dan dapat dijadikan sebuah investasi masa depan.

Penjualan dengan membagi aset atau keuntungan untuk berinvestasi seperti di atas, maka KYC sangat diperlukan untuk menjaga aset kita supaya tidak terjadi hal-hal yang tida inginkan salah satunya adalah penipuan. Dengan mengetahui siapa customer kita, maka kita akan lebih nyaman dalam bertransaksi tanpa adanya keraguan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here