Home Teknologi Hindari Kerusakan, Ikuti 4 Cara Mudah Pemasangan Perangkat Audio Sound System

Hindari Kerusakan, Ikuti 4 Cara Mudah Pemasangan Perangkat Audio Sound System

0
Hindari Kerusakan, Ikuti 4 Cara Mudah Pemasangan Perangkat Audio Sound System

Bila anda termasuk orang awam dalam dunia sound system, tentu akan kebingungan bagaimana cara pemasangannya. Terlebih lagi, harga yang ditawarkan pada toko jual audio sound system cukup tinggi lantaran banyaknya perlengkapan yang dibutuhkan. Jangan khawatir, cukup perhatikan cara mudah pemasangan perangkat audio yang benar berikut.

 

Cara Mudah dalam Pemasangan Perangkat Sound System

audio sound system

  1. Memasang Audio Mixer

Hal pertama yang harus dilakukan yakni memasang audio mixer. Karena mixer memiliki fungsi sebagai pengatur masukan pertama dari sumber suara, sehingga anda perlu memprioritaskannya untuk dipasang dahulu. Fungsi pentingnya tersebut akan digunakan untuk mengatur karakter dari berbagai macam sumber suara yang dimasukan di dalamnya.

Misalnya saja dari mic atau vokal, keyboard, gitar, atau alat musik lainnya. Selain itu, mixer juga bisa digunakan untuk sumber suara lainnya, seperti DVD Player, MP3 Player, atau perangkat handphone. Usai dipasang dengan benar, aliran suara ini nantinya akan dilanjutkan ke aksesoris lain melalui jalur output. Dengan begitu, suara yang diinginkan akan dihasilkan secara optimal.

  1. Memasang Equalizer

Mixer yang didapatkan dari toko jual audio sound system tidak akan lengkap rasanya, jika belum ditemani dengan equalizer. Pasalnya, equalizer memiliki fungsi sebagai pengayur keseluruhan sumber suara yang dihasilkan oleh mixer. Perangkat equalizer juga mengemban tugas untuk memotong frekuensi suara yang tidak dibutuhkan.

Biasanya hal ini terjadi ketika ada suara drum yang sangat kuat dan menonjol, sehingga equalizer bisa memotongnya. Selain itu, berkat adanya equalizer, suara bass menjadi lebih mantap, midle lebih terasa, dan treble lebih cring. Untuk memasangnya, pastikan output L atau R mixer telah terhubung dengan equalizer lalu output dari equalizer di masukkan ke power amplifier.

  1. Mengaktifkan Crossofer

Usai mixer dan equalizer terpasang dengan sempurna, selanjutnya anda harus mengaktifkan crossofer. Namun sebelum mengaktifkannya, anda perlu mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Apakah crossofer termasuk ke dalam golongan aktif atau pasif? Bila pasif, maka anda tidak perlu menggunakan listrik dan hanya diletakkan di dalam box speaker.

Sementara jika aktif, harus disambungkan dengan listrik dan bisa digunakan untuk semua jenis speaker. Bila ditengok dari fungsinya, crossofer berguna untuk menyaring atau memfilter suara yang tidak diinginkan. Dengan begini, suara midle akan hilang dan suara menjadi lebih jernih. Bila mixer dan equalizer telah tertancap di crossofer, masukkan output crossofer ke in power.

  1. Mengaktifkan Power dan Speaker

Susunan pemasangan yang terakhir yang mengaktifkan power dan speaker. Sebetulnya, power merupakan alar penerus yang berasal dari berbagai macam perangkat. Yang mana sebelum dilanjutkan ke speaker yang didapatkan dari toko jual audio sound system, power akan dibawa ke amplifier terlebih dahulu. Speaker sendiri berfungsi untuk menerima sinyal berupa getaran suara.

Memperhatikan beberapa cara pemasangan yang disebutkan diatas, akan membantu anda sebagai orang pemula dalam dunia sound system. Bukan hanya itu saja, perangkat pun akan jauh lebih tahan lama atau terhindar dari kerusakan. Bila ingin dapatkan perangkat sound system lengkap, cobalah mencarinya pada homepage BliAudio.com.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here