Home Kesehatan Bunda, Inilah Tanda-Tanda Keguguran yang Perlu Diwaspadai

Bunda, Inilah Tanda-Tanda Keguguran yang Perlu Diwaspadai

0
Bunda, Inilah Tanda-Tanda Keguguran yang Perlu Diwaspadai

Keguguran merupakan kondisi dimana embrio atau janin mati saat kehamilan belum memasuki usia 20 minggu. Namun, ada juga yang mengalami keguguran kurang dari usia tersebut karena berbagai sebab. Lalu, apa saja tanda-tanda keguguran yang perlu Anda tahu? Berikut penjelasan lengkapnya agar Anda bisa lebih berhati-hati.

Ciri-ciri keguguran di awal kehamilan

Sebenarnya, tanda keguguran pada setiap perempuan berbeda-beda tergantung dari kondisi kesehatan masing-masing. Ada yang menunjukkan gejala ringan hingga parah tapi ada juga yang tidak bergejala sehingga sulit untuk diketahui. Namun, secara umum 5 tanda di bawah ini merupakan yang paling sering terjadi.

  1. Pendarahan

Pendarahan merupakan tanda keguguran yang paling sering ditemui dan dianggap sebagai ciri utama keguguran. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar sebab pendarahan ringan juga sering muncul pada saat trimester pertama kehamilan. Namun, hal ini tentu tetap harus diwaspadai terutama jika Anda sudah pernah mengalami keguguran sebelumnya.

  1. Nyeri perut

Di trimester pertama kehamilan, sakit di bagian bawah perut merupakan hal yang wajar. Namun, Anda perlu waspada jika nyeri yang terasa sangat hebat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. sebab, hal tersebut bisa menjadi tanda-tanda keguguran. Bahkan, dalam beberapa kasus, nyeri akan muncul setiap 5-20 menit.

  1. Muncul darah dari vagina

Jika hal ini terjadi, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini disebabkan gumpalan darah serta jaringan yang keluar dari vagina bisa saja merupakan tanda keguguran. Kejadian ini sering terjadi pada kehamilan yang masih muda sehingga gumpalan darah dan jaringan embrio yang keluar biasanya belum memiliki bentuk.

  1. 4. Janin kurang aktif bergerak

Biasanya ketika memasuki usia kehamilan 12-18 minggu, janin sudah mulai aktif bergerak sehingga Anda bisa merasakannya. Akan tetapi, jika aktivitas janin mulai menurun maka ada baiknya jika Anda segera menemui dokter. Hal ini dikarenakan seiring bertambahnya usia kehamilan maka aktivitas janin seharusnya lebih terasa.

  1. Demam

Ketika Anda mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan sebelumnya disertai dengan demam maka itu bisa jadi tanda-tanda keguguran. Bahkan, menurut para ahli, kondisi tersebut tergolong berbahaya sehingga perlu penanganan medis sesegera mungkin.

Penyebab umum keguguran

Menurut beberapa sumber, sebagian besar kasus keguguran terjadi akibat adanya ketidaknormalan kromosom embrio pada trimester pertama. Pada trimester kedua biasanya keguguran disebabkan oleh kondisi kesehatan sang ibu yang kurang baik. Sementara itu, di trimester terakhir kehamilan biasanya keguguran disebabkan oleh infeksi serta kelahiran prematur.

Oleh sebab itu, ibu hamil sangat disarankan untuk selalu memeriksakan diri secara rutin ke dokter atau bidan. Jika Anda mendapat salah satu tanda-tanda keguguran seperti di atas maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Jangan tunggu hingga kondisi Anda semakin memburuk karena hal itu bisa membahayakan kesehatan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here